Jumat, 11 Januari 2013

Markoni Siram Saus Keju dan Brokoli


Liburan di musim hujan seperti ini terkadang bikin nggak nyaman yaa kalau pengen jalan-jalan keluar rumah.
Lebih nyaman memang di rumah bercengkrama bersama keluarga, santai-santai sambil membaca buku-nonton tv, atau bikin menu yang spesial buat nemenin rasa jenuh di rumah.
Hari ini aku baru bisa posting dan bikin menu masakan yang gurih-gurih ala western, padahal aku sudah janjinya lamaaaa bangettt mau kasih resep buat salah satu sahabatku Novi di Jakarta via fesbuk yang pengen masakin suaminya menu yang nggak biasa, yang bau londo-londo katanyaa, hehehe... Maap yaa Buuu...pasti nunggunya sampe bosen, hihihihi.
Buat Para Bunda atau Jeng-Jeng yang mau coba juga boleh, pasti bakal ketagihan dech pengen masaaaak teruss.
O,iya resep ini aku dapat dari acara televisi Selera Nusantara di MNCTV yang tayang setiap hari sabtu pagi, tapi ada beberapa resep yang aku modifikasi dikiit.
Langsung dicatat dan dicoba yaa resepnya di rumah masing-masing...biar nggak bingung sebelum masak, persiapkan dulu bahan serta bumbunya biar ringkes dan rapiih... ;-)


MARKONI SIRAM SAUS KEJU & BROKOLI 
Bahan Utama :
200 gram Markoni, Rebus beri minyak dan garam dikit dalam air rebusan agar tidak lengket.
200 gram Brokoli, di blansir --> Rebus beri dikit garam sebentar saja merebusnya yang penting layu tapi tidak kematangan, setelah itu angkat celup dalam air es. 

SAUS KEJU :
Tumis :
1/2 buah Bawang Bombay, potong dadu kecil-kecil (aku pakai 1 buah bawang bombay)
tumis dengan 2 sdm minyak goreng sampai layu dan aromanya harum, lalu masukkan :
1 sdm tepung terigu
aduk rata
400 cc Susu Cair (aku pakai 500ml Susu Cair UHT)
Lada bubuk, secukupnya
Masako Ayam (kadang aku skip, kalau pun pakai cuma 1sdm peres)
Gula, secukupnya
aduk rata, setelah mendidih baru masukkan ;
200 gram keju Cheddar, parut (aku pakai prochiz ukuran 180 gram, aku ambil dikit buat topping)
5 lembar Smoked Beef, yang dipotong dadu kecil-kecil
100 gram Jamur Champignon, belah menjadi 2 bagian
200 gram Ayam Fillet, yang dipotong tipis-tipis
aduk rata. Tambahkan :
1/2 sdt Pala Bubuk / Lada Hitam
Garam dikit (aku nggak pakai)
masak hingga matang dan agak mengental. 

PENYAJIAN :
Tata dalam mangkok / piring :
- Markoni rebus
- Brokoli ysng sudah di blansir
-Tuang Saus Keju
-Beri Keju Parut, bila suka.


Siap disajikan ! :-)


Tidak ada komentar: